Friday, March 30, 2012

Palcomtech Ingin Tahu Dunia Kerja Riau Pos

KOTA (RP) - Puluhan siswa lembaga pendidikan komputer Palmcomtech Pekanbaru kunjungi Riau Pos Jumat (30/3) pagi di Riau Pos. Para siswa yang memfokuskan diri pada pendidikan Teknologi Informasi dan Desain Grafis ini ingin mengetahui dunia kerja nyata di Riau Pos, khusunya tentang jaringan dan grafis. Kepala Cabang Palcomtech Pekanbaru Aljefri menyebutkan, kunjungan ini menjadi penting terutama bagi siswa yang akan masuk program magang.

      ''Setelah pendidikan selama setahun, para siswa akan mengikuti program magang selama dua bulan, sebelum itu mereka diharapkan tahu dunia kerja itu seperti apa. Setelah kunjungan ini diharapkan siswa nanti tidak asing lagi bila praktek di sebuah perusahaan, baik itu dari disiplin, manajemen, sistem, hingga cara kerja,'' ujar Aljefri.

     Palcomtech sendiri merupakan lembaga pendidikan yang pertama kali berdiri di Palembang pada 2002 lau. Palcomtech Pekanbaru sendiri merupakan cabang yang ke-7. Dengan menyediakan kesempatan kursus priodik satu sampai dua bulan, Placomtech juga membuka program reguler satu tahun.

     Seperti disebutkan Aljefry salah satu keunggulan Palcomtech adalah sistem belajar online dan 100 persen praktek yang dimiliki. ''Saat ini kita sedang mempersiap dua lagi jurusan baru, Bisnis Akunting dan Multimedia Desain,'' lanjutnya.

     Sementara itu, pada kunjungan kemarin para siswa antusias bertanya pada Manajer IT dan Jaringan Riau Pos Hendriwanto yang menyambut mereka. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, berbagai pertanyaan dikemukakan. Salah satu pertanyaan disampaikan oleh salah seorang siswa bernama Mitra yang ingin mengetahui proses pembuatan koran mulai dari awal hingga selesai, dan alat-alat yang digunakan.

     ''Cara kerja dan proses pembuatan koran pada dasarnya semua sama seperti membuat karya desain grafis bila disederhana. Perbedaannya mungkin karena koran ini dicetak di mesin besar jadi ada beberapa penyesuaian. Teknologi yang kita gunakan hampir sama dengan yang dipakai umumnya oleh masyarakat teknologi saat ini, kita selalu mengikuti perkembangan teknologi,'' jelas Herwanto.

      Namun Hendriwanto tidak menampik bila Riau Pos masih menggunakan program pengolahan data lama seperti Word Star. ''Word Star tidak akan ada kontaminasi virus, makanya kita masih pakai,'' jelasnya. (h)

No comments: